Hakikat Bersyukur

 

 بسم الله الرحمن الرحيم

Medan (GooM), 10 okt 21 - 3 Rabi'ul Awwal 1443


Tema diskusi : Hakikat Bersyukur.

Bahasan ini mendalami kajian sebelumnya yaitu ayat ke 2 surah Alfatiha yang pengertiannya adalah Segala pujian ditujukan HANYA kepada Allah, Tuhan sekalian alam. Hanya DIA yang berhak mendapat pujian, bukan makhluk.

Pada ayat ke 2 surah Alfatiha mengandung 3 hal yang merupakan hakikat bersyukur yang terdapat dalam kata "hamdu" yang terdiri 3 huruf arab (ha, mim dan dal). Dari ketiga huruf ini dapat kita maknai hakikat dari bersyukur. Mari kita bahas masing-masing huruf.

ha : artinya tersiratnya adalah hidup, letaknya di tenggorokan dimana udara mengalir dari luar ke dalam dan sebaliknya melalui 2 lubang hidung. Untuk bahasan mendalam, WAJIB berdiskusi dengan guru/mursyid. Maka wajiblah kita mengenang kepada DIA, Maha pemberi kehidupan. Dan itulah hakikat pertama dalam bersyukur

mim : artinya adalah iman (sirr / rahasia letaknya di dalam dada manusia)  yang dimulai dari pengetahuan/ilmu yang dipahami. Inilah nikmat ke 2 yang wajib disyukuri. Allah memberikan kita kesempatan untuk masuk dalam sebuah aturan/agama yang disebut Islam. Agama yang diridhoi Allah melalui sang kekasih Muhammad . Maka bersholawat kepada beliau adalah bentuk bersyukur kepada Allah dimana telah mengutus nabi terakhir tersebut.

dal : adalah segala energi/kekuatan yang diberikan Allah pada setiap diri manusia. Wajib kita syukuri semua pemberian Allah pada diri, mulai dari tubuh yang memiliki pendukung (indra dan anggota tubuh) untuk menjalani kehidupan hingga keimanan dalam diri yang tetap Allah jaga. Maka dari itu tidak ada rasa syukur yang hakiki kecuali selalu memulai aktifitas apapun dengan nama Allah dan apapun hasilnya selalu bersyukur dengan mengambil hikmah dari setiap kejadian.

Apa yang terdapat pada bahasan di atas berkaitan kuat dengan huruf pada nama nabi Muhammad yang juga terdiri dari 3 huruf yaitu mim-ha-mim-dal. Ada 2 huruf mim dimana secara makna disebut yang terpuji (manusia). Silahkan diskusi dengan guru/mursyid.

Untuk meletakkan pemahaman hakikat bersyukur ini, maka Allah ciptakan alam ini dimana melalui alam ini, manusia belajar untuk mengenal DIA. Itulah inti dari 3 hal dalam hakikat bersyukur.

Semoga bermanfaat. Hanya kepada Allah kita selalu bermohon petunjuk.


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺