Hikmah Sholat - Posisi 1

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


 

Tema diskusi : Hikmah Sholat - Posisi 1.

 

Diskusi pada pekan ke 12 ini (via GooM) melanjutkan kajian minggu lalu yaitu hikmah sholat pada posisi 1. Wajib bertemu dengan guru / mursyid karena berkaitan dengan praktek ibadah ya. Berikut penjelasannya :

Posisi 1 - Takbiratul ihram :

- Berdiri tegak ---> Qiblat

- Niat | membaca takbir | angkat tangan : bersamaan

- Tangan di atas perut : kiri - dalam & kanan luar

   (dua pergelangan tangan menutup pusat)

Proses terbitnya matahari pertanda dimulainya kehidupan manusia. Ini bersesuaian dengan awal kejadian manusia yaitu Sayyidina Adam 'alaihissalam yang digambarkan juga pada umumnya manusia di dalam perut ibunya dan berproses secara normal dalam 9 bulan. 

 

Setiap manusia apapun agamanya pernah berada pada posisi ini yaitu ketika bayi  (alif - 0 ke 5) dimana kondisinya sama beriman dan seimbang (balance). Ketika beranjak menjadi remaja ke dewasa, mulai 11 tahun, mulailah dipengaruhi banyak hal melalui 9 lubang yang ada pada diri manusia dan perlu ditutup.

 

Manusia pertama dan satu-satunya yang turun dari alam akhirat. Beliaulah  nabi Adam 'alaihissalaam . Baca sejarah beliau ! Berpasangan dengan istrinya (Hawa) turun ke bumi dengan semangat (api) untuk memulai sejarah / kisah manusia dan menegakkan (Alif) ajaran Allah subhanahuwata'ala.

 

Turun ke bumi dalam keadaan merasa bersalah (baca do'a / zikir beliau). Situasi ini dilambangkan dengan jam 12 gelap atau jam 00 atau jam 24. Beliau sampai ke bumi saat menjelang sholat subuh pada hari ahad/minggu.


Amanah Allah yang diberikan Allah kepada beliau untuk hidup dan bertahan adalah tubuh yaitu kepala dan badan. Semua itu didukung oleh 2 kaki dan 2 tangan. Masing-masing kaki dan tangan memiliki 5 jari yang melambangkan banyak hal. Demikian yang tercantum pada ayat 7 poin 3. Beliau yang melakukan haji pertama di ka'bah putih. Wajib bertemu dengan mursyid untuk membahas hal tersiratnya.


Posisi 1 merupakan hakikat atau makna rahasia dari ilmu kenabian Adam 'alaihissalaam yang menjadi manfaat awal pada ibadah sholat. Dalam posisi ini juga terkandung pelajaran meniadakan (reset/refresh) yang merupakan hakikat ilmu kenabian Nuh 'alaihissalaam (jam 00).


(Mengulang kaji - HiLat posisi 1)

Untuk memudahkan pemahaman, mari kita sama perhatikan skema berikut ini :




والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺