Annashr - النصر

 

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ



Kelanjutan bahasan tentang Tafsir 'Illiyyīn pada diskusi Taubi adalah surah ke 110 annashr (pertolongan), wahyu yang diterima rasulullah ﷺ tentang hijrah dan penaklukan kota Mekkah. Disebut surah Madaniyah (turun di Madinah) yang terdiri dari 3 ayat. Adapun alasan turun ayat ini adalah karena hijrahnya kaum muslimin ke Madinah dan tanda dekatnya ajal nabi Muhammad ﷺ. Mari kita bahas ayat per ayat :


اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُ

Ayat pertama yang artinya " Jika telah datang dari Allah pertolongan dan kemenangan ". Pada ayat ini terdapat 3 kata kunci yaitu izaa jaa (اِذَا جَاۤءَ), nashrullah ( نَصْرُ اللّٰهِ) dan fath ( وَالْفَتْحُ ). Mari kita perhatikan masing-masing kata kunci.

 

izaa jaa ( اِذَا جَاۤءَ ) : "jika telah datang" maksudnya Allah selalu terlibat pada setiap kejadian. Baik waktu terdahulu, saat ini dan waktu akan datang. Allah selalu membersamai para kekasihNya setiap detik waktu.

 

nashrullah ( نَصْرُ اللّٰهِ) : "pertolongan Allah" maksudnya tiada kekuatan apapun pada diri manusia. Semuanya pasti atas pertolongan Allah. Segala yang terlihat pada zohir manusia adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan. Siapa yang sadar bahwa amanah itu adalah pertolongan Allah, maka selamatlah dari siksa neraka. 

 

walfath ( وَالْفَتْحُ ) : "dan kemenangan" akan diperoleh karena satu-satunya sebab yaitu pertolongan Allah. Makna huruf waw (dan) : ditolong Allah lalu dapat kemenangan. Maka jangan pernah berpikir atau menganggap bahwa karena kemampuan dan usaha manusia. Itulah sebenar perbuatan fasiq. Berhati hatilah !


وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًا

Ayat ke 2 artinya "dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah". Pada ayat ini menjelaskan bahwa dulu agama Allah (Islam) pernah berjaya dan di akhir kehidupan akan berjaya kembali. Orang-orang (ramai / masif : اَفْوَاجًا ) akan mengakui kehebatan Allah yang ditunjukkan melalui para kekasih Nya. Saat itulah yang telah dijanjikan Rasulullah ﷺ yaitu khilafah 'ala minhajin nubuwwah (kepemimpinan sesuai dengan aturan kenabian). Dan kejadian itu bukan dengan kekerasan melainkan dengan rahmaan dan rahiim DIA. 


فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

Ayat ke 3 artinya "Maka bertasbihlah dengan memuji tuhanmu dan mohon ampun. Sungguh DIA adalah maha penerima taubat". Ayat ini menceritakan telah dekatnya masa kematian sang penghulu alam, penghulu kenabian ﷺ. Sebelum beliau mengalami kematian, maka beliau sempurnakan ajaran Islam dengan berhijrah (فَسَبِّحْ) dengan selalu bersyukur (بِحَمْدِ رَبِّكَ / hakikat syukur = sholawat) dan memohon keluasan (وَاسْتَغْفِرْهُۗ) dari dosa kekufuran (ego manusia) dimana saat itu kota Mekkah dibebaskan dari kekuasaan orang kafir quraish.

 

Kesimpulan surah Annashr :

1. Hanya dengan pertolongan Allah untuk mendapat kemenangan

2. Masa kejayaan Islam akan kembali terjadi di akhir zaman.

3. Hijrah dengan bersyukur dan mohon keluasan itulah ciri manusia yg disukai Allah

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

 

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺