Hikmah Sholat - Posisi 2

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


 

Tema diskusi : Hikmah Sholat - Posisi 2.

 

Diskusi pada pekan ke 14 ini (via GooM) melanjutkan kajian minggu ke 12 yaitu hikmah sholat pada posisi 2. Wajib bertemu dengan guru / mursyid karena berkaitan dengan praktek ibadah ya. Mari kita simak keterangannya...

Posisi 2 - Ruku' :

- Membaca takbir | angkat tangan

- Membungkuk

- Tangan bertumpu pada lutut

   (dua tapak tangan diletakkan pada dua lutut)

 

Mulai dinyatakannya (zohir) keilmuan (air) tertinggi yaitu iman melalui perjalanan nabi Ibrahim 'alaihissalam. Beliaulah yang meletakkan dasar keimanan dengan membangun ka'bah di Alquds lalu pindah / hijrah ke Mekkah.

 

Qiblat secara tersirat adalah dada manusia. Inilah posisi / maqom ilmu kenabian nabi Ibrahim 'alaihissalaam . Baca sejarah beliau !. Demikian yang tercantum pada ayat 7 poin 2 sebagaimana kisah qurban yang menunjukkan pada ibadah zakat.

 

Proses manusia yang berada pada posisi ini yaitu ketika bayi menuju remaja (ba - 5 ke 11) dimana kondisinya mulai menerima pengaruh. Sebelum beranjak dewasa, mulai 11 tahun, mulailah dipengaruhi banyak hal melalui 9 lubang yang ada pada diri manusia dan perlu ditutup.

 

Posisi ini menunjukkan jam 9 gelap yaitu 9 lubang pada diri manusia yang ditutup pada gerakan kedua telapak tangan menutup 2 lutut kaki. Kondisi ini menunjukkan bahwa manusia banyak lalai kepada Allah (bahkan terus menerus) mulai jam 9 terang dan puncaknya pada waktu sholat juhur. Waktu terkuat pengaruh syaiton adalah waktu Juhur di hari senin.

 

Posisi 2 merupakan hakikat atau makna rahasia dari ilmu kenabian Ibrahim 'alaihissalaam yang menjadi manfaat kedua pada ibadah sholat.


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺