Attakaatsur - التكاثر

 

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 


Surah ke 102 (Makkiyah - 8 ayat) yang disebut Attakaatsur. Dalam Pengertian umum dikenal dengan bermegah-megahan. Dalam bahasan ini kita sebut berlebihan atau lawan dari zuhud, merasa cukup. Mari kita simak bagaimana makna tersurat dan tersirat pada setiap ayat.


Pada ayat 1 dan 2 ini mengandung arti " Bermegah-megahan telah melalaikanmu (1) Hingga kamu masuk ke dalam kubur (2) "

Ada 2 kata kunci pada ayat 1 ialah berlebihan (Megah) dan ayat 2 adalah lalai

#ayat1 : manusia, siapapun pasti gagal dicoba/diuji dengan apapun ni'mat dunia (harta, tahta dan wanita) kecuali (ada potensi berhasil) siapa yang sadar bahwa setiap manusia itu lalai.

 

#ayat2 : bahwa semua akan dan pasti berakhir di alam kubur (barzah) dimana nyaris semua manusia (ketika di alam barzah) masih dalam keadaan lalai.

 

 

Pada ayat 3 dan 4 artinya " Sungguh (sekali-kali tidak) kamu pasti akan tahu akibatnya (berlebihan) (3) kemudian sungguh kamu pasti akan tahu akibatnya (4) "

#ayat3-4 : menyatakan dan menegaskan bahwa jelas balasan dari berlebihan dan lalai. Ingatlah bahwa tiada yang lulus dengan cobaan/ujian ni'mat dunia.

 


Ayat 5 dan 6 artinya " Sungguh (sekali-kali tidak) andaikan kamu tahu dengan yaqin (5) Pastilah (niscaya) kamu melihat neraka jahim (6) "

#ayat5-6 : Meski setiap manusia tahu, sungguh nyaris  setiap manusia ragu. Maka balasan Tuhan (neraka Jahim) sangat pantas dirasakan manusia.

 


Di ayat 7 dan 8 menegaskan bahwa memang benar adanya balasan Tuhan : 

"  Kemudian sungguh kamu benar-benar melihat langsung dengan jelas/yakin kebenaran (balasan Tuhan) (7) Kemudian kamu akan ditanya semua ni'mat tersebut (khususnya yang berlebihan / bermegah-megahan) (8) "

#ayat7-8 : Apapun amanah yang diterima manusia, pasti akan ditanya dan wajib dipertanggungjawabkan. Tiada yang luput, setiap hal pasti akan dihisab. Atas sikap berlebihan dari setiap amanah Allah, sungguh sangat keras balasan Nya.


Mari kita ingatkan diri kita tentang dasyatnya surah ini. Jadikan sebagai reminder atas peringatan keras dari Allah.

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ - إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

 

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI
Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dan berdiskusi langsung dengan guru/mursyid

Perhatian !!!
Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - الكزهدي




-----

🔺🔺 - Ke Atas