Husnul Khatimah

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 

Sahabat TAUBI    ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ 





#TAUTAN #menujuRidhoAllah

TAUBI Jumatan terbit setiap Jumat untuk meluaskan wawasan dalam berTuhan dan sebagai "reminder" untuk diri masing-masing.

 

TAUTAN enews bulan XI/XII (Dzulqo'idah/Dzulhijjah) - Juni 2024 

Bab Dasar : " Aqidah "

Juni 2024 M ( Jumat I s/d IV)


Aqidah berasal dari kata aqada (dari bahasa Arab). Aqada, ya'qudu, aqdan, uqdatan wa aqidatan artinya ikatan atau perjanjian. Maksudnya sesuatu yang menjadi tempat bagi hati dan hati nurani terikat kepadanya (aqdan berarti simpul, ikatan, perjanjian-kokoh).
Pada bab ini membahas tentang siapa yang terlibat dalam hal aqidah yaitu Tuhan (Allah) dan manusia. Untuk kemudahan pada bab ini, pembahasan dimulai tentang mengenal diri (manusia) dan terkait sangat erat dengan surah Alfatiha ayat 7.

 

~Husnul khatimah

Apakah yang dimaksud dengan Husnul Khatimah ?. Secara bahasa artinya akhir hidup atau kematian yang baik. Hal ini adalah harapan setiap manusia yang pada umumnya berharap imbalan surga dimana akan ditandai dengan mendapatkan kematian dalam keadaan baik. Silahkan memberikan pengertian sendiri bagaimana kondisi "kematian yang baik".
 

Sesungguhnya Allah telah memberi tanda atau keadaan yang "mudah" untuk mendapatkan husnul khatimah ini. Benarkah ? Silahkan cermati penjelasannya berikut ini yang mengambil dari sudut pandang para ahli thariqat.
 

Mengapa dari sudut pandang ahli thariqat ? Karena dalam melaksanakan ibadahnya, ada kalimat kunci yang berbunyi " Ilaahii anta maqsudii " yang artinya " Tuhanku, Engkaulah yang aku maksud ". Dari pengertiannya, sungguh inilah tujuan utama dalam ibadah sholat. Kalimat ini menunjukkan bahwa inti dari hidup adalah menuju Tuhan atau kembali (taubat) padaNya.
 

Maka untuk mendapat husnul khatimah itu adalah menegakkan sholat maka mari belajar tentang sholat secara detail yaitu belajar cara melaksanakan sholat dan pahami apa rahasia sholat (Mengenal Sholat).
 

Sholat dikerjakan dalam 5 waktu pada 1 hari (24 jam) dan diulang terus selama 7 hari (seminggu). Dan pada 7 hari itu, ada penghulu hari yaitu Jumat dimana dikerjakan sholat Jumat pada hari tersebut. Hari inilah yang menjadi rahasia pada diri manusia. Berkumpulnya manusia dalam ibadah sholat yang berisi 2 khutbah dan 2 sholat.


Untuk mencapai Husnul Khatimah (Wajib bertemu/diskusi dengan mursyid langsung !

Maka lakukan hal berikut (pilih 1 dari 3 pilihan) :
 

#1 Tegakkan sholat Jumat (imam/khatibnya seorang ahli zikir)
 

atau

#2 Diskusi langsung dengan ahli zikir (baca tentang thariqat)
 

atau

#3 Lakukan sholat taubat 1000 raka'at (silahkan pilih) :
 

500 kali sholat taubat (1 sholat = 2 raka'at) dalam 1 hari
 

100 kali sholat taubat dalam 5 hari berturut-turut.
 

Lakukan hal diatas 1 kali dalam seminggu (silahkan pilih) secara rutin / istiqamah sebagaimana Allah telah memberi petunjuk tentang hari jumat, hari terbaik, penghulu hari.

Ingatlah kalimat kunci ini : " Ilaahii anta maqsudii ! "
maka Allah menjawab : " benarkah wahai hambaku ? "



Referensi penjelasan edisi ini dari TAUTAN enews ini dapat direnungkan/diskusikan dengan mendengar langsung penjelasan dari para guru (bertemu guru langsung!)

Atas semua materi atau informasi pada laman TAUBI ini kepada Allah semua dikembalikan dan pastinya TIDAK MENGANDUNG KEBENARAN.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ ~ إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ 

 

Wassalam

 

TAUBI Jumatan 2024 dst dapat disimak pada TAUBI tv.

Gabung dengan Grup WA Sahabat TAUBI di s.id/567WAG 

TAUTAN Edisi 76Y - Hakikat Istighfar (Bonus 2023)

Cek TAUBI Jumatan Tahun 2023 di sini

Cek TAUBI Jumatan Tahun 2022 (sejak Juli) di sini




No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI
Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dan berdiskusi langsung dengan guru/mursyid

Perhatian !!!
Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - الكزهدي





-----

🔺🔺 - Ke Atas