Alkautsar - الكوثر

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Kajian Tafsir 'Illiyyīn berikutnya adalah surah ke 108 alkautsar (telaga kautsar /nikmat yang banyak). Surah ini menceritakan tuduhan kaum kafir terhadap rasulullah ﷺ bahwa keturunan beliau terputus karena banyaknya yang wafat anak beliau. Beberapa menyatakan surah 3 ayat ini turun di kota Mekkah beberapa yang lain mengatakan turun di Madinah.

Berikut ini penjelasan nya :

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

1. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak

A'thoinaaka : kami berikan/anugerahkan. Kata "kami" menunjukkan bahwa Allah telah membuat proses dalam setiap hal. Begitupun Allah dapat langsung menjadikan apapun yang DIA mau tanpa proses. Begitulah maha bijaksana DIA yang memberikan hikmah pengelolaan (manajemen) dalam kehidupan.

Alkautsar : nama telaga di alam akhirat. Pengertian lainnya " nikmat yang melimpah / tiada putus ". Sadarilah bahwa sedari alam rahim hingga mati/kembali ke tanah, setiap manusia menikmati banyak hal tapi seringkali lupa bersyukur. Mari kita perbaiki segera.

   

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

2. Maka  kerjakan sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah

fasholli lirobbik : Karena telah mendapat kautsar (nikmat yang banyak & tiada putus), maka pantaslah bahkan wajib bagi manusia untuk bersyukur kepada Allah dengan melakukan sholat. Sesiapa yang sholat untuk selain Allah, maka dapat ancaman langsung dari Allah.

wanhar : selain sholat, penting juga untuk menyampaikan amanah (qurban/infaq/sedekah dan sejenisnya) kepada orang sekitar. Sungguh apapun yg kita miliki, sebagian ada hak orang lain yang harus dikeluarkan. Ingat harta itu bukan hanya materi saja, Iman (menghasilkan ilmu) adalah nikmat tertinggi.


اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

3. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)

syaaniaka : membenci siapapun/apapun itu dilarang. Ini berlaku kepada siapapun dan apapun. Siapa pelaku kebencian, maka ancaman langsung dari Allah akan berlaku yaitu putus dari rahmat Allah. Maka bermohon ampun selalu kepada Nya dan saling menghormati dan bersifat kasih kepada sesama makhluk.


Kesimpulan surah 3 ayat ini :

Sungguh semua rejeki yang kita nikmati dari awal hingga akhir nanti bersumber dari telaga Alkautsar. Inilah yang disebut sebagai air kehidupan (maaul hayaat)

Iman itu sejuk seperti air. Itulah nikmat tertinggi yang mengalirkan ilmu.

Beribadahlah (sholat dan qurban/infaq/sedekah) secara teratur hanya karena Allah sehingga DIA akan membantu kita tetap beriman hingga akhir masa.

Siapa yang suka berbuat kebencian (iri, dengki, marah, mencaci dan sejenisnya) maka orang-orang yang seperti adalah golongan yang putus dari rahmat Allah.


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺