Hikmah Ramadhan l

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Medan (GooM), 3 Apr 22 - 2 Ramadhan 1443 H (jam 22.30)



 

Tema diskusi : Hikmah Ramadhan I - Apakah Ramadhan itu ?

Bahasan ini bersesuaian dengan awal bulan Ramadhan 1443 H (April 2022). Seperti pada tahun tahun sebelumnya, biasa terjadi perbedaan dalam memulai ibadah puasa. Pada tahun sebelumnya, 1442 H, permulaan puasa bersamaan (mohon koreksi jika penulis salah). Pada tahun ini kembali terjadi perbedaan dimana Organisasi Muhammadiyah menetapkan awal ramadhan adalah hari sabtu, 2 April 2022. Hal ini juga terjadi di lebih 40 negara didunia. Berbeda dengan pemerintah, memulai puasa di hari minggu, 3 April 2022. Apapun pilihan kita tidak menjadi masalah karena hakikat atau hikmah puasa bukan pada hal tersebut. Mari kita bahas bersama pada materi diskusi pekan ini.

Kata ramadhan ( رمضان ) adalah nama bulan hijriyah ke 9 dimana menurut sejarah mulai diperintahkan puasa di tahun ke 2 hijriyah bertepatan dengan hijrah (pindah) nya kaum muslimin dari mekah ke madinah. 

Menurut istilah, ramadhan dari bahasa arab "ramidha" atau "arramadh" yang berarti kekeringan dan secara bahasa arab, artinya membakar. Sesuai dengan ibadah wajib di bulan ke 9 ini yaitu puasa ( صوم ) dimana setiap muslim menahan atau tidak makan dan minum seperti biasanya dan tidak melakukan hal lain yang membatalkan.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami hal tersirat bahwa di bulan ramadhan, setiap muslim membakar/membersihkan diri/hawa nafsu nya dari banyaknya dosa pada waktu terdahulu. Dan dosa manusia berasal dari 9 lubang yang ada pada diri manusia. Dan ibadah ini menandakan "hijrah" atau pindah dari kebiasaan mengikuti hawa nafsu kepada menahan atau tidak melakukan atau mengistirahatkan keinginan (hawa) nafs (diri) selama 29 atau 30 hari di bulan ini.

Pada hadits mashur baik riwayat bukhari maupun muslim, Allah menyatakan bahwa ibadah puasa itu khusus : dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah sallallahu’alai wa sallam bersabda, "Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya". Hal tersebut menandakan bahwa ada rahasia (sirr) pada ibadah ini dan sangat erat kaitannya dengan rahasia dalah istilah hijrah. Secara fisik/zohir dilakukan pertama kali tahun ke 2 hijriyah bertepatan dengan perintah dari Allah mulai (pertama kali) berpuasa di bulan ramadhan hingga saat ini.

Terdapat ampunan dari Allah di bulan ini bahkan untuk dosa-dosa pada waktu lalu sebagaimana sering disampaikan para ahli agama dalam sebuah hadits :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dengan iman dan mendapat balasan khusus (hisab : perhitungan), maka dosa terdahulu akan diampuni.

Hadits mashur diatas tentunya harus dimaknai lebih baik. Balasan yang dimaksud bukanlah sekedar pahala karena jelas bahwa ibadah ini khusus untuk Allah.

Demikian diskusi pekan ini. Untuk pencerahan mendalam, mari diskusi langsung kepada mursid/guru atau ahli ruhani yang beramal secara zohir dan bathin.

Kesimpulan :

1. Ramadhan itu membakar dosa yang sumbernya dari 9 lubang pada diri manusia

2. Bulan Ramadhan adalah fasilitas khusus dari Allah supaya manusia kembali

3. Hijrah itu adalah kembali dari keadaan LALAI kepada kondisi awal, INGAT

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

 

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺