Hikmah Ramadhan lI

 


Tema diskusi : Hikmah Ramadhan II - Rahasia Ramadhan

Jika disebut rahasia, maka sebenarnya bukan rahasia lagi karena akan ada penjelasan dari judul atau tema tersebut. Sebagaimana diskusi sebelumnya (hikmah ramadhan I) telah dijelaskan bahwa Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam tahun hijriyah dimana puasa di bulan ini bertujuan untuk membantu manusia yang telah LALAI selama 11 bulan lainnya kembali atau hijrah kepada INGAT.

Lantas apakah sebenarnya rahasia dari puasa di bulan Ramadhan itu ?. 

Kita sama tahu bahwa puasa itu rukun Islam ke3 setelah sholat. Sholat adalah ibadah yang akan dihisab pertama kali di hari akhir nanti sebelum ibadah lainnya. Artinya sholat adalah ibadah utama. Maka jelaslah bahwa tiada sah puasa seorang hamba jika tiada paham apa hikmah sholat. Dengan kata lain, sia-sia ibadah lainnya (termasuk puasa) jika tiada paham tentang sholat. Benarkah ?

Mari kita perhatikan beberapa pernyataan berikut ini. Ingat !!! Bertemu guru/mursyid itu sangat urgent dan WAJIB untuk dapat memahami pernyataan berikut.

1. Bahwa dalam sholat, siapapun pelakunya tiada makan dan minum. Benar ?

2. Dalam sholat terdiri dari 2 hal, tak terlihat (niat) & terlihat (gerakan sholat)

3. Puasa itu ibadah tiada terlihat bukan? Hanya Allah & pelakunya yg tahu.

Dari pernyataan diatas tentunya dapat dipahami bahwa ibadah puasa khususnya di bulan Ramadhan menjadi spesial karena ibadah tak terlihat ini diperintah WAJIB oleh Allah untuk menyadarkan manusia bahwa ada yang gaib dalam diri.

Yang gaib itu (bathin) juga wajib beribadah dan puasa itu lambangnya. Dan inti puasa itu adalah ibadah yang bersifat gaib, itulah yang disebut zikrullah atau ingat kepada Allah.

Dalam Sholat itu ada puasa dan puasa itu intinya ingat kepada Allah, DIA sebagai tujuan utama dari ibadah sholat dan ibadah lainnya.

Ketahuilah dalam hidup, manusia itu selalu terkait dan mengulang dengan 7 hari (ahad s/d sabtu) yang di masing-masing hari ada waktu sholat 5 kali. Yang demikian itu sejak lahir hingga saat terkini menjadi saksi (sebagai satelit) masing-masing kita di hari akhir nanti. Dan hal itu disebut ASHR (waktu). Baca dan renungkan surah wal'ashr.

7 ayat surah alfaatiha yang selalu dibaca dalam sholat. Semua itu terkait dan tiada putus. Renungkanlah bahwa bulan Ramadhan ini adalah waktu (ashr) khusus yang Allah berikan sebagai fasilitas hebat untuk membawa manusia kembali dari kelalaian menjadi INGAT (seperti bayi dulu)

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

 

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺