HIKMAT 1 Juli 2022

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


HIKMAT 1 Juli 2022

(Hikmah Jumat : " Peringatan bagi Orang Lalai ")

(tanbihul ghofilin)

 

Sadar atas kelalaian adalah tanda dasar mu"min

Edisi HIKMAT mulai ditulis pada jumat, 1 juli 2022 (2 Dzulhijah 1443 H) untuk menambah keimanan kita tentang hikmah/rahasia/manfaat dari ketetapan sholat khusus di hari jumat. Semoga dapat memberi tambahan suplemen ruhani sehingga dapat mencapai derajat mu"min. Saksikan dulu materi " Rahasia Jumat " sebagai pembuka wawasan HIKMAT.

Sesunguhnya manusia itu secara umum memiliki sifat lalai. Maka sangatlah tidak pantas mengaku berilmu apalagi beriman karena hampir seluruh manusia tidak sadar bahwa sifat lalai tersebut (sifat dasar manusia) merupakan tanda bahwa manusia itu hanya diberi/dititipkan amanah ilmu untuk beriman maka hanya sang pemberi amanah yang berhak menilai apakah sudah diakui beriman atau belum.

Ilmu dan iman itu bersesuaian. ketahuilah bahwa tiada seorang beriman jika tiada ilmu. Lantas tahukah kita apakah sebenar ilmu itu ? Sebagaimana Allah telah mengutus para kekasihnya (nabi, rasul dan wali) maka sangat jelas bahwa sebenar ilmu itu adalah ilmu yang disampaikan dari manusia yang hidup. Silahkan baca atau lihat media apapun dimana pelajaran/materinya wajib disampaikan oleh manusia yang hidup.

 

Apakah sudah termasuk golongan beriman (mu"min)

Sungguh ironi manusia kebanyakan apalagi yang mengaku beragama Islam. Mereka semua merasa telah beriman. Sungguh Merugi bahkan celaka dimana begitu banyak ayat dalam alqur"an menjelaskan tentang kengerian dan ancaman tapi sungguh semua itu dianggap remeh, terkhusus yang mengaku beragama Islam. Padahal jelas bahwa alqur"an ditujukan kepada siapapun yang mengaku muslim. 

Mari kita peringatkan diri sendiri lalu sampaikan kepada keluarga dan sahabat bahwa sungguh manusia itu tiada yang mampu masuk dalam golongan beriman (mu"min) karena jelas sekali bahwa sifat lalai tidak mungkin membuat manusia meyakini atau mengimani sesuatu apalagi Allah yang maha gaib (tiada yang mampu menceritakan Nya). 

Maka Takutlah (taqwa) kepada Allah dengan selalu mohon pertolongan (bismillah..) untuk mendapatkan keseimbangan (kebaikan) urusan dunia (zohir) dan akhirat (bathin). Untuk mencapai keseimbangan (kebaikan) tersebut maka carilah sebenar ilmu dari orang-orang yang telah diberi Allah kesempatan untuk membaca (iqro") rahasia - rahasia dalam dadanya. 

Materi HIKMAT ini selanjutnya akan ditampilkan pada blog TAUBI pada tautan berikut ini : " Hikmah Jumat "


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺