QS Albaqarah 196 ke 203

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Tafyīn lanjutan surah ke 2 dalam Quran, Albaqarah ayat 196 hingga 203 ini menceritakan tentang wajibnya bagus pada kedua urusan, dunia dan akhirat. Hal tersebut pada ayat 201 yang dikenal doa sapu jagad. Mari kita simak bahasannya.

 

Ayat 196 menceritakan dalil ibadah haji secara umum (baca QS1 - 567):

وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

"Sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Akan tetapi, jika kamu terkepung (oleh musuh), (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat dan jangan mencukur (rambut) kepalamu sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepala (lalu dia bercukur), dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah, atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, siapa yang mengerjakan umrah sebelum haji (tamatu’), dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Akan tetapi, jika tidak mendapatkannya, dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (masa) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itulah sepuluh hari yang sempurna. Ketentuan itu berlaku bagi orang yang keluarganya tidak menetap di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Mahakeras hukuman-Nya."

Menurut arti dari ayat 196 ini, ibadah Haji adalah zakat terlengkap sesuai perintah yang sering kita dengar, "Tegakkan sholat dan laksanakan zakat". Sesuai penjelasan QS 1 ayat 7 pada bagian 3, Haji merupakan solusi dari masalah pada manusia yang juga pencirian umum semua manusia yaitu lalai (diskusilah dengan guru untuk mendapat paham).


Ayat 197 membahas tentang bulan pelaksanaan haji (rahasia waktu) & larangan ketika berhaji. Berikut ini ayat dan artinya :

اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّ ۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗ وَتَزَوَّدُوْا فَاِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰٓاُولِى الْاَلْبَابِ

"(Musim) haji itu (berlangsung pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Siapa yang mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, janganlah berbuat rafaṡ, berbuat maksiat, dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala kebaikan yang kamu kerjakan (pasti) Allah mengetahuinya. Berbekallah karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat."

Ayat ini merupakan penguat tentang rahasia waktu dimana setiap manusia (nyaris) dalam keadaan (golongan) merugi (surah al'ashr). Larangan saat berhaji yang perlu disadari untuk me reminder setiap manusia bahwa sifat dasar manusia adalah lalai. Sifat ini membuat manusia mudah berbuat zalim dan ingkar.


Ayat 198 menajamkan apa yang tercantum pada QS 1 ayat 7 bagian 3 yaitu sesat.

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَبْتَغُوْا فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ ۗ فَاِذَآ اَفَضْتُمْ مِّنْ عَرَفٰتٍ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ عِنْدَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ ۖ وَاذْكُرُوْهُ كَمَا هَدٰىكُمْ ۚ وَاِنْ كُنْتُمْ مِّنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الضَّاۤلِّيْنَ

"Bukanlah suatu dosa bagimu mencari karunia dari Tuhanmu (pada musim haji). Apabila kamu bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masyarilharam. Berzikirlah kepada-Nya karena Dia telah memberi petunjuk kepadamu meskipun sebelumnya kamu benar-benar termasuk orang-orang yang sesat."

 

Inti dari ibadah apapun (termasuk haji) adalah zikirullah (ingat kepada Allah). Jika benar pelaksanaan haji seorang manusia (syariat dan hakikat dijalankan) maka insyaa Allah keluar dari golongan merugi (sesat).

 

Ayat 199 menunjukkan bahwa setiap manusia wajib bertaubat, tiada kecuali karena manusia itu berdosa tiap detik hidupnya.

ثُمَّ اَفِيْضُوْا مِنْ حَيْثُ اَفَاضَ النَّاسُ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Kemudian, bertolaklah kamu dari tempat orang-orang bertolak (Arafah) dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Bahwa hijrah itu merupakan tindakan yang bersesuaian dengan bermohon ampun atau taubat. Mari kita berhijrah dari lalai menjadi ingat karena yang demikian itu tanda bahwa manusia itu selalu berdosa dan Tuhan itu maha pengampun.


Ayat 200 : zikirullah itu wajib terhubung melalui para ahli silsilah.

فَاِذَا قَضَيْتُمْ مَّنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَذِكْرِكُمْ اٰبَاۤءَكُمْ اَوْ اَشَدَّ ذِكْرًا ۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ

"Apabila kamu telah menyelesaikan manasik (rangkaian ibadah) haji, berzikirlah kepada Allah sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyang kamu, bahkan berzikirlah lebih dari itu. Di antara manusia ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia,” sedangkan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apa pun."

Zikrullah itu hablumminallah dan terhubung dengan ahli silsilah itu hablumminannas. Maka keduanya sama penting karena Allah memandang hati yang berzikir kepadaNya dimana hati yang berzikir itu menggerakkan tubuh manusia yang berzikir itu beradab dengan orang-orang berzikir yang mewarisi ilmu sang penghulu alam SAW.


Ayat 201 : Doa untuk kebaikan (ihsan) di dunia dan akhirat.

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Di antara mereka ada juga yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.” "

Ini adalah doa para praktisi zikir. Berbeda dengan ayat sebelumnya (200) hanya bermohon kebaikan di dunia. Hakikat doa itu adalah diucapkan lisan dibenarkan oleh hati (zikir khofi). Mari kita belajar Islam dengan lengkap.


Ayat 202 : semua perbuatan pasti dihisab (diperhitungkan).

اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ نَصِيْبٌ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ سَرِيْعُ الْحِسَابِ

"Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan. Allah Maha cepat perhitungan-Nya."

Ketahuilah hal apapun yang dikerjakan pasti jelas perhitungannya. Allah akan menunjukkan keadilan yang sebenarnya. Tiada satupun yang menolak atau ingkar atas keadilan DIA.


Ayat 203 : untuk menjadi manusia bertaqwa hanya dengan berzikir (zohir & bathin)

 وَاذْكُرُوا اللّٰهَ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْدُوْدٰتٍ ۗ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِيْ يَوْمَيْنِ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِ ۚوَمَنْ تَاَخَّرَ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِۙ لِمَنِ اتَّقٰىۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ اِلَيْهِ تُحْشَرُوْنَ

"Berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya. Siapa yang mempercepat (meninggalkan Mina) setelah dua hari, tidak ada dosa baginya. Siapa yang mengakhirkannya tidak ada dosa (pula) baginya, (yakni) bagi orang yang bertakwa. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa hanya kepada-Nya kamu akan dikumpulkan."

Berzikir itu perlu dilakukan dengan pemahaman yang benar terkait dengan waktu (hari). Maka kenalilah hakikat hari-hari dalam hidup kita (7 hari berulang). Siapa yang paham atas ilmu ini maka insyaa Allah, merekalah yang ibadahnya diterima Allah.


Kesimpulan ayat 196 - 203 :

1. ...

2. ...

3. ...


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI
Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dan berdiskusi langsung dengan guru/mursyid

Perhatian !!!
Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - الكزهدي




-----

🔺🔺 - Ke Atas