Derajat Sholat

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
 


Sahabat TAUBI    ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

#TAUTAN #menujuRidhoAllah

TAUBI Jumatan terbit setiap Jumat untuk meluaskan wawasan dalam berTuhan dan sebagai "reminder" untuk diri kita masing-masing.

 

TAUTAN enews bulan VIII - Sya'baan - Jum'at III 

Edisi 37 : " Derajat Sholat "

10 Maret 2023 M ( Jumat II bulan Maret)

١٨  شَعْبَانٌ  ١٤٤٤ هجرية  (18 Sya'baan 1444 H)

(Sya'baan : pemisahan. Bulannya nabi Muhammad sesuai hadits nabi. orang Arab pagan berpencar dan berpisah pada bulan ini untuk mencari air)

Jam 3 terang (dunia) dan jam 8 gelap (akhirat) 
  

Derajat sholat bagi para pelakunya (unsur sholat) kebanyakan pada derajat dasar-menengah. Derajat dasar-menengah yaitu dimana ibadah sholat dilakukan karena hukumnya wajib, artinya mendapat hukuman (azab di neraka) jika tidak dikerjakan alias takut api neraka. Lantas apakah tiada takut (taqwa) kepada Allah? Mari sama kita renungkan apakah benar kita bertaqwa kepada Allah?

 

Berdasarkan usia mulai dewasanya seorang manusia, maka wajibnya sholat berlaku saat 'aqiil baligh (sekitar usia 15-17 tahun). Maka idealnya derajat sholat dasar-menengah dimulai saat 'aaqil baligh (pemuda/i) hingga dewasa (sekitar 25 tahun). Maka usia diatas 25 tahun, minimal 30 tahun harusnya telah berada di derajat sholat menengah-atas atau mulai paham hikmah/makna sholat. Dikerjakan bukan hanya karena wajib, tetapi karena memang butuh. Hal hikmah dalam sholat tentunya hanya didapat dari ahli silsilah yang terhubung ke nabi Muhammad ﷺ. Jika tiada belajar langsung, siapa yang akan bersaksi atas semua sholat kita ?

 

Demikian tentang derajat sholat dimana seluruh manusia (nyaris;sesuai surah alashr) berada pada derajat sholat dasar-menengah. Dimana dikerjakan karena takut akan siksa api neraka. Dan poin paling penting adalah tiada belajar langsung pada ahlinya. Sungguh bahwa semua sholawat yang kita baca tiada mungkin terhubung ke penghulu alam, Sayyidinaa Muhammad ﷺ karena sholat adalah penghubung sholawat terbaik kepada beliau. 

 

Referensi penjelasan edisi ke 37 dari TAUTAN enews ini hanya dapat direnungkan/diskusikan dengan mendengar langsung penjelasan dari para pengelana ruhani (jumpai guru/mursyid!)

 

Atas semua materi atau informasi pada laman TAUBI ini kepada Allah semua dikembalikan dan pastinya TIDAK MENGANDUNG KEBENARAN. 

Wassalam

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ‎

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

  

TAUTAN Edisi 36 - Tegaknya Sholat (3 Mar 2023)


Cek TAUBI Jumatan bulan Feb 2023 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Jan 2023 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Des 2022 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Nop 2022 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Okt 2022 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Sept 2022 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Agt 2022 di sini

Cek TAUBI Jumatan bulan Juli 2022 di sini.




No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI
Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dan berdiskusi langsung dengan guru/mursyid

Perhatian !!!
Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - الكزهدي




-----

🔺🔺 - Ke Atas