Ma'rifat

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

معرفة

Mengenal untuk Tahu Tujuan

Ilmu atau pengetahuan diawali dengan mengenal. Hal tersebut adalah arti dari ma'rifat (bahasa arab). Maka secara umum, jelaslah bahwa ma'rifat itu ya mengenal. Benar apa benar 😊 ?. Jika benar demikian lantas mengapa stigma negatif tentang ma'rifat begitu luas ? Mari sama kita pahami dan renungkan !


Sedari kita dalam kandungan ibunda, setiap diri sudah memulai proses mengenal. Ketika lahir ke dunia, seorang bayi mulai mengenal ibunya, manusia yang dekat dan sering terlihat.


Ketika mulai remaja, setiap manusia mulai menerima pengaruh dari lingkungan dimana berada. Disinilah sang insan mulai mengenal dirinya melalui berbagai kejadian dalam kehidupan.


Begitu juga menjelang dewasa hingga tua, setiap manusia dalam proses atau tahapan mengenal dirinya dan apapun disekitarnya.


Pada urusan setiap diri manusia, maka ketahuilah ada yang mencipta diri kita maupun seluruh yang ada di alam semesta ini. Maka wajiblah untuk mengetahui apa/siapa diri kita dan mengapa diciptakan. 

 

Maka perlulah belajar hal ini yaitu mengenal siapa penyebab terjadinya kehidupan ini. Itulah pengenalan tertinggi yang wajib diketahui, dipahami sehingga mengertilah kita apa tujuan manusia hidup. 

 

Pengertian tentang tujuan hidup akan memudahkan kita bagaimana menjalani hidup kita masing-masing sesuai petunjuk sang Maha pencipta. Dialah Maha awal dan akhir yang menggenggam setiap jiwa dan berkehendak di setiap kejadian dalam kehidupan. 


Hanya kepada Allah kita mohon petunjuk maka biasakan memulai apapun kegiatan dengan kalimat bismillahirrohmaanirrohiim dan bersamaan memaknainya dengan " Tolong Ya Allah "


إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ‎

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺