Al-lahab = Al-masad

 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Melanjutkan bahasan tentang Tafsir 'Illiyyīn pada diskusi Taubi setiap jumat (offline) dan minggu (online) 2021. Diskusi berikutnya adalah surah Allahab QS 111 (rahasia huruf mim dari sisi gelap insan).

Surah ini disebut makkiyah (diturunkan di Mekkah) terdiri dari 5 ayat. Disebut surah Allahab atau Almasad sesuai dengan artinya lahab : api yang bernyala-nyala sedang masad : dipintal/diikat/terbelit, tali atau sejenisnya dan hal ini berkaitan dengan perempuan yang merupakan lambang dunia.

Untuk medalamkan pemahaman, mari kita perhatikan bahasan setiap ayatnya.

 

تَبَّتْ يَدَآ اَبِيْ لَهَبٍ وَّتَبَّ

Arti umum ayat 1 : Celakalah kedua tangan abu lahab maka sungguh celaka

Pada ayat ada 3 kata kunci yaitu "tabbat", "yadaa" dan "abi lahab". Berikut ini penjelasannya :

tabbat : celaka ! (ditujukan ke abu lahab) Allah menyatakan seruan keras dalam surah khusus tentang seorang keluarga nabi Muhammad ﷺ yaitu pamannya yang memang menentang ajaran beliau. Ini menandakan bahwa meski bersaudara, belum tentu dapat mudah beroleh petunjuk. Benarlah sungguh hanya Allah yang mengatur hati manusia. Beriman atau tidak, bukan karena alasan apapun kecuali hanya karena Allah memberikan petunjuk kepada siapa yang DIA kehendaki.

pada kata "tabb" diujung ayat mengandung arti yang sama. Hanya pada awal ayat, Allah menegaskan dengan seruan sedang diujung ayat Allah memperjelas atau menguatkan. Kata kunci celaka (tabbat / tabb) merupakan makna tersirat yang bersesuaian dengan surah Ashr yang tujuannya secara umum karena banyaknya manusia yang masuk dalam golongan merugi atau celaka dimana dalam surah ini lebih bersifat individu.

Kata kunci pertama ini sebagai tanda bahwa golongan manusia terbanyak adalah seperti abu lahab dimana saat ini golongan tersebut lebih banyak menutupi sifat aslinya yang biasa disebut munafik. Marilah kita bermohon kepada Allah untuk dijauhkan dari termasuk dalam golongan manusia seperti ini.

 

yadaa : tangan yang dimaksud adalah kekuasaan, kekayaan/harta. Pada masanya, abu lahab seorang yang punya pengaruh di suku quraish dan juga banyak harta. Maka jangan pernah menganggap dengan kekuasaan dan harta dapat selamatkan manusia dari azab Allah. Sesungguhnya apa yang kita miliki malah membuat pemiliknya semakin berat mendapat azab di hari akhir. Mari kita bermohon petunjuk kepada Nya untuk mempergunakan apa yang dimiki.


abi lahab : nama paman nabi ﷺ. Orang ini sangat menentang ajaran beliau bahkan menghasud kaumnya untuk memusuhi beliau. Dalam makna tersirat, abi atau abu artinya bapak atau tuan dan lahab artinya bergejolak/menyala-nyala seperti sifat api, unsur jin. Maka kata kunci ini mengarah kepada individu manusia secara umum yang seringkali menggunakan kekuasaan dan hartanya untuk menzalimi manusia lainnya.


مَآ اَغْنٰى عَنْهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَ

Ayat 2 : tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

Penjelasan ayat ini sesuai dengan kata kunci ayat 1 kedua " yadaa" dimana maksudnya tidaklah dapat menolong kekuasaan dan harta benda dari azab Allah.

 

سَيَصْلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

Ayat 3 : pastilah dia masuk ke dalam api neraka yang bergejolak/bernyala-nyala.

Ayat ini menegaskan bahwa sifat api yang dominan pada diri makhluk maka pasangannya adalah azab Allah yaitu api neraka yang bernyala-nyala.


وَّامْرَاَتُهٗ ۗحَمَّالَةَ الْحَطَبِۚ

Ayat 4 : Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah)

Makna tersirat pada ayat ini adalah wanita sebagai lambang dunia yang isinya kekuasaan dan harta. Istri merupakan cobaan bagi setiap suami. Dan golongan terbanyak suami adalah terjerumus atas bantuan (rayuan dan ucapan sejenis) dari istrinya.


فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ

Ayat 5 : di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.

segala urusan dunia ini membuat manusia terjerat. Urusan hidup di dunia jika tiada keseimbangan dengan urusan akhirat, maka umumnya akan terbelitlah manusia dengan urusan yang melalaikan apalagi memiliki kekuasaan dan harta. Seharusnya adalah istri mengikuti anjuran suaminya dimana sang suami mengikuti petunjuk Allah.


Kesimpulan surat Allahab - Almasad :

1. Surat ini bersesuaian dengan surat Al-ashr : merugi/celakanya manusia

2. Demikian itu adalah golongan manusia terbanyak

3. Abu lahab adalah rahasia (mim = sirr) manusia dari sisi gelap


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺