Visi dan Misi Kenabian

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Medan (GooM), 24 okt 21 - 17 Rabi'ul Awwal 1443



Tema diskusi : Visi dan Misi Kenabian.

Diskusi pada pekan ke 7 ini (via GooM) adalah mengulang kaji/merangkum tentang kajian di awal pertemuan yaitu surah Alfaatiha dimana di dalamnya terdapat penjelasan dari tema diskusi yaitu Visi dan Misi kenabian. Mari kita perhatikan diskusinya.

Visi dalam pengertian secara umum adalah sesuatu yang terlihat (visual) pada masa depan atau sederhananya adalah cita-cita. Untuk meraih visi tersebut, maka perlu dilakukan tindakan/perbuatan tertentu. itulah disebut misi.

Kenabian adalah segala keilmuan yang berkaitan dengan tugas para kekasih Allah yang disebut nabi. Hal ini dimulai dari nabi Adam sebagai nabi pertama yang memulai misi kenabian. Beliaulah satu-satunya manusia yang langsung dari alam akhirat (surga) turun ke alam dunia. Dan kenabian ini ditutup oleh penghulu kenabian yang juga penghulu seluruh alam. Dialah nabi Muhammad ﷺ yang juga sebagai alasan Allah menciptakan seluruh alam dan isinya.

Dari penjelasan diatas, dapatlah diketahui bahwa :

Visi kenabian adalah Rahmatan lil'aalamiin yang artinya nabi Muhammad ingin menjadi manfaat/maslahat/kebaikan untuk seluruh alam. Yang demikian itu disebut rahmat. Hal ini bersesuain dengan diutusnya nabi terakhir sebagai penghulu seluruh alam dimana melalui beliau, rahmat Allah meliputi semuanya tanpa kecuali.

Misi kenabian adalah seluruh perbuatan yang dirangkumkan dalam ajaran beliau, yaitu Syariat Islam dan diberikan penjelasannya pada kitab suci Alquran. Seluruh isi Alquran dikumpulkan rahasianya pada ummul quran, yaitu surah Alfaatiha (klik pada tautan untuk membaca penjelasannya).

Pada misi kenabian, beliau memberikan hal tersirat (sirr) pada ummul quran tentang mengenal siapa yang disembah. Inilah yang disebut dalam istilah " Awal Agama Mengenal Allah ".

Maka dapat disimpulkan bahwa untuk mewujudkan visi kenabian, maka wajiblah belajar apa yang tercantum dalam misi kenabian yaitu Mengenal Allah.

Demikian bahasan diskusi pekan ke 7 ini. Semoga semakin memudahkan kita untuk dapat mengenal DIA. Mari selalu bermohon petunjuk yang HAQ hanya kepada Allah.


والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺