Alqodr - القدر

 

 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Surah ke 97 (Makkiyah - 5 ayat) bernama alqodr (ketetapan). Dalam banyak penulisan secara umum diartikan kemuliaan

Silahkan menyimak bahasan ini yang telah disampaikan pada edisi khusus diskusi pengajian TAUBI dimulai kembali setelah libur lebaran. Diskusi awal di bulan syawal 1443H akhir bertajuk " Spesial Edition - Idul Fitri " dimana ayat ini menjadi hadiah / oleh-oleh bagi setiap orang yang mengaku beriman dimana melaksanakan puasa di bulan ramadhan selama 29 atau 30 hari dengan paham yang lebih baik. Silahkan baca hikmah ramadhan 1 dan 2 pada diskusi yang lalu. 

Mari kita perhatikan apa makna tersirat pada surah Alqodr ini dimana selalu dikaitkan dengan : malam turunnya alquran, malam yang turun di 10 hari ganjil akhir ramadhan.

 

Ayat 1 : Sungguh telah kami turunkan pada lailah (malam) qodar (ketetapan)

Pada ayat ini ada 3 kata kunci yaitu : anzalnaa, lailah dan qodar.

anzalnaa : " kami turunkan " Allah tunjukkan seperti pada ayat-ayat lain di quran bahwa Allah memiliki manajemen atau tata kelola yang maha hebat. Padahal Allah sangat mampu menjadikan apapun tanpa bantuan siapapun karena DIA lah sang AHAD.

lailah : " malam " keadaan gelap adalah kondisi tidak terlihat dan butuh cahaya. Maka yg dimaksud malam disini adalah rahasia atau sirr yg Allah letakkan pada diri manusia yang secara umum dalam keadaan tersesat/kegelapan (zhulumaati).

qodar : " ketetapan " banyak diartikan kemuliaan. Tentu saja memang terkait kuat bahwa ketetapan Allah yang membuat manusia menjadi mulia. Semua urusan manusia telah Allah tetapkan dan tercatat pada setiap dada manusia. 

Maka jika digabungkan lailatulqodar dapat diartikan bahwa rahasia yang telah ditetapkan Allah pada setiap diri manusia dan tercatat di setiap dada. Kenapa disebut malam atau rahasia ? karena ketetapan rahasia tersebut tidak mudah dibaca kecuali belajar langsung dari ahlinya (manusia) secara langsung sebagaimana para sahabat langsung belajar dari penghulu alam di masanya.


Ayat 2 : Apakah kamu tahu tentang lailah (malam) qodar (ketetapan) ?

Ayat 3 : lailah (malam) qodar (ketetapan) itu lebih baik dari 1000 bulan

ayat 2 & 3 ini memperkuat bahwa ada rahasia malam tersebut dan untuk tahu tentang lailatulqodar harus belajar khusus dengan ahlinya. Dimana malam tersebut wajib diketahui oleh setiap manusia jika ingin meningkat menjadi orang yg beriman (1000 bulan menyatakan banyak urusan dunia).


Ayat 4 : pada malam tersebut turun malaikat dan jibril dengan izin Tuhan mereka untuk setiap urusan.

Ayat inilah jantung dari surah alqodr. kata malaikat itu memiliki arti rahasia yaitu penghulu alam atau zohir manusia dan Ruh yang dimaksud adalah bathin manusia. Untuk penjelasan detail, bertemulah dengan mursyid atau ahlullah, yang memang telah berjalan kepada Allah.

 

Ayat 5 : Selamatlah dia (malam tersebut) hingga terbit fajar

ayat ini juga mengandung makna tersirat. Setiap manusia tidak mungkin selamat karena tidak dapat mengetahui rahasia yang telah ditetapkan Allah dan tercatat pada setiap dada manusia kecuali berjumpa dengan cahaya (orang-orang yang ahli tentang Allah).


Kesimpulan surah ini :

1. lailatulqodar itu adalah sesuatu yang telah Allah tetapkan sebelum semua dicipta.

2. Tiadalah sejalan hidup ini kecuali zohir dan bathin saling menghadap.

3. Tidak mungkin selamat siapapun kecuali dapat membaca rahasia dalam dadanya.

 

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

 

No comments:
Write comments

Tausiyah Qolbi - TAUBI : Media informasi bersumber dari kisah perjalanan ruhani para hamba Allah
Mari membaca dengan bijak dengan selalu berdiskusi langsung dengan guru/mursyid
untuk menjaga keberkahan dari berbagai informasi pada web ini
Perhatian ! Siapapun pembaca bertanggungjawab sendiri atas efek apapun dari setiap artikel TAUBI

Wassalam - TAUBI


-----

🔺🔺